tips memilih jurusan kuliah

gambar dari http://ahmadarib.com/

Sekarang kebanyakan milih jurusan kuliah itu sekedar melihat potensi "pasar" kedepannya. Padahal banyak hal yang perlu dipertimbangkan, jangan sekedar milih. nanti nyesel atau kesusahan ketika udah mulai menginjakkan kaki di dunia perkuliahan. Jangan asal masuk di kampus yang bergengsi, jangan juga asal ikut-ikutan temen. Berdasarkan pengalaman, banyak temen-temen saya yang akhirnya harus pindah kampus bahkan pindah jurusan gara-gara nggak sesuai sama harapannya.

1.       Pilih bidang yang sesuai passion

Ini adalah point yang paling penting, kenapa? Soalnya banyak orang yang merasa salah jurusan ketika dia sudah menjalani masa-masa kuliah. Ada yang milih jurusan yang karena disuruh orangtua, karena asal pilih yang penting kuliah di kampus yang ngetop, ada juga yang karena ikut-ikutan temen. Kondisi seperti ini seringkali terjadi dan memang amat disayangkan apalagi kalau jurusan yang dipilih itu “nggak” banget sama passion-nya. Banyak yang terpaksa harus berhenti kuliah dan pindah jurusan yang sesuai dengan passion dia. Banyak teman saya yang mengalami kondisi seperti ini.

Saya punya teman seperjuangan yang mengambil kuliah teknik, tapi dia itu sebenernya  “nggak” banget sama yang namanya per-teknikan. Namanya juga teknik pasti ketemu sama namanya kalkulus, kimia, fisika dan matakuliah lain yang berbau itung-itungan. Nah dia itu paling alergi sama namanya itung-itungan. Setelah perkuliahan berjalan hampir selama satu tahun, dia baru “merasa” salah jurusan, dan akhirnya berhenti kuliah dan pindah ke jurusan yang sesuai dengan passion dia.

Dari kasus teman saya tadi betapa sayangnya waktu satu tahun yang sudah dia habiskan di jurusan yang tidak sesuai dengan passionnya. Satu tahun itu bukan waktu yang sebentar, coba saja kalau dia memilih jurusan yang sesuai dengan dia. Waktu satu tahun itu sudah sangat berguna untuk mendapatkan banyak hal untuk mempelajari bidang yang sesuai passionnya.


Kalo kamu masih bingung tentang passion mu, dan mana jurusan yang harusnya kamu pilih, coba aja ikut tes singkat disiniHasil akhir tes ini kamu akan mendapatkan saran-saran mengenai bidang pekerjaan yang sesuai dengan kamu. Dari situ kamu bisa tentukan bidang apa yang seharusnya kamu ambil.

2.       Jangan gengsi dengan pilihanmu.


Kallo sudah menemukan dijalur mana kamu seharusnya berarti disitulah jalan hidup yang memang seharusnya kamu tempuh. Kebanyakan orang saat awal-awal memilih jurusan pertimbangannya adalah di bidang apa nanti ketika bekerja. Karena perguruan tinggi itu sebenarnya bukanlah “pencetak” pekerja. Kalau memang bidang yang kamu pilih itu sesuai dengan passion mu. Pilihlah bidang itu dan yakinlah kalo kamu bakalan jadi orang yang hebat dengan jurusan yang kamu pilih. Masadepan ada di tanganmu nggak usah gengsi kalo ternyata jurusan yang kamu pilih termasuk jurusan yang kurang keren menurut orang lain.


3.       Pilih tempat kuliah yang sekiranya menghasilkan output yang baik sesuai dengan bidang yang kamu pilih.


Point ini nggak kalah penting, ada pepatah lama yang mengatakan tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri cina. Ini bermakna berarti untuk mendapatkan ilmu yang maksimal, carilah tempat yang terbaik walau tempat itu jauh. Dengan pemilihan tempat yang terbaik ini kamu bisa mendapatkan ilmu-ilmu dari pengajar yang terbaik, berpengalaman dan sudah terbukti menghasilkan output yang baiik. Ini juga akan menambah kepercayaan dirimu ketika ditanya "kuliah dimana?".

4.       Komunikasikan tempat pilihanmu itu dengan orangtua.



Biar bagaimanapun orangtua adalah sumber dana dan doa terbesar yang kamu miliki. Mintalah restu dan doa darinya tentang tempat yang kamu pilih, karena doa orangtua akan sangat membantumu ketika berada di perantauan jikalau kamu memang harus merantau. Kalau orangtuamu kurang setuju dengan tempat pilihanmu, berilah argumen-argumen yang mendukung pilihanmu agar mereka menjadi tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »