Anak kos sejati yang tau hal seperti ini


Awal bulan adalah hari kemerdekaannya

Kenapa awal bulan diperingati sebagai hari kemerdekaan anak kos? Ya karena di awal bulan biasanya dapet kiriman dari orangtua. Biasanya sih masih punya “Proklamator” kemerdekaan di pundi-pundi keuangan mereka. Meski tak lama kemudian si “proklamator” akan segera menjadi pejuang-pejuang hebat yang siap dengan senjatanya masing-masing.
Meski baru dapet kiriman dari orangtua, tak lama kiriman itu akan abis. Selalu ada saja kebutuhan yang mendesak di awal bulan. Mulai dari bayar kosan sampe beli perlengkapan mandi yang udah abis. Jadi ya nggak lama waktu kemerdekaan mereka dan mereka harus segera menjadi pejuang kembali. Tapi meskipun begitu, setidaknya di awal bulan mereka masih bisa makan enak.


Ahli manajemen meski nggak kuliah manajemen

Ilmu manajemen, ini nih ilmu yang wajib dikuasai anak kos sejati. Manajemen uang itu sebenarnya susah-susah gampang, kunci kesuksesan dalam manajemen keuangan anak kos adalah harus IRIT dan DISIPLIN. Nulisnya sampe capslock jebol, ini soalnya point yang harus bener-bener dipraktekan demi kesejahteraan anak kos. Irit bukan berarti pelit ya, tapi memang ini yang harus dilakukan supaya bisa bertahan hingga akhir bulan. Salah satu cara buat irit sekaligus dapet pahala, bisa dengan puasa senin kamis. Dengan cara seperti ini setidaknya bisa ngirit dua kali uang makan dalam satu minggu + dapet pahala + sehat.
Disiplin adalah nafasku, ini nih yang harus dipraktekkan. Disiplin yang utama agar bisa survive itu dengan disiplin menjalankan system manajemen keuangan yang telah ditetapkan. Misalnya dalam satu hari, jatah makan + jajan + dll = 30.000. ya berarti dalam satu hari, pengeluaran maksimal adalah 30.000, kalau lebih ya berarti di hari lainnya harus bisa lebih hemat untuk menambal dana yang lebih tadi.
Disiplin dalam menjalankan system ini bakalan balik ke diri sendiri kok, Kalo system manajemen keuangannya baik dan berhasil, nggak perlu tuh harus nahan  laper sambil minum obat maag gara-gara devisit. Tingkat keberhasilan system manajemen ini bisa dilihat dari seberapa besar uang sisa yang bisa jadi tabungan di akhir bulan.


Laptop jadi “pendamping” hidup


Siapa bilang jadi anak kos itu hiduonya sepi dan selalu sendiri. Anak kos punya “pendamping” hidup kok. Siapa lagi kalo bukan laptop kesayangan, laptop ini nih yang menemani keseharian anak kos. Mulai dari ngerjain tugas, maen game, nonton film, internetan, bahkan bisa dijadiin sarana buat nyari duit tambahan. Tuh kan betapa penting dan istimewanya posisi laptop buat anak kos. Si laptop juga nih yang bakalan jadi saksi bisu pahit manisnya kehidupan anak kos.

Anak kos punya bioskop sendiri

Jenuh dengan rutinitas harian yang membosankan, boleh lah sekali kali cari hiburan dengan nonton film. Tapi harga tiket buat nonton di bioskop kan lumayan mahal buat level anak kos. eits, untuk mengatasi hal ini anak kos punya solusinya. Dari pada buang uang buat nonton film di bioskop, mending buat makan. Saat ada rilis film baru, orang-orang biasanya langsung berbondong-bondong menuju bioskop buat nonton. Anak kos nggak mau ketinggalan juga nih, tapi dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang. Yang dilakukan anak kos adalah dengan menunggu bajakan film yang baru rilis dan tonton di kamar dengan kondisi yang disesuaikan dengan kondisi di bioskop. Cukup sediakan laptop, colokin sound, matiin lampu, putar filmnya dan nikmati bioskop pribadi. Nontonnya rame” bakalan lebih seru sama temen-temen kamar sebelah.
Suasananya udah mirip di bioskop kan?  tapi ini lebih bebas mau ngapain aja, masu sambil tiduran, mau makan, rokok, dll. BEBAS...

Belum anak kos sejati kalo bukan “ahli survive”


Saat tanggal menua dan dompet semakin menipis ini adalah saatnya anak kos untuk menunjukkan keahliannya. “Survive”, sebuah ritual yang biasa dilakukan anak pecinta alam untuk mempertahankan hidup di hutan. Dengan bermodal pisau, tali, korek dan peralatan sederhana lainnya mereka bisa bertahan hidup dengan memanfaatkan hasil alam yang sudah tersedia secara gratis. Tapi bagaimana dengan anak kos?, perlengkapan survive anak kos yang paling mendasar adalah. Mie instan dengan berbagai macam rasa, air putih, dan uang koin. Alat survivenya memang bereda dengan anak pecinta alam, soalnya di kosan tidak ada hasil alam yang bisa dimanfaatkan.
Mie instan berbagai macam rasa, biar anak kos bisa makan “enak” setiap hari. Pagi soto, siang bakso, malam iga penyet besoknya rending, sotolamongan, pecel dan berbagaimacam rasa lainnya. Semua menu itu memang enak dan menarik untuk dikonsumsi, namun sangat lain ceritanya ketika semua menu lezat tadi dalam wujud mie instan. “kadar” enaknya jadi berkurang drastic.






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »