Kenangan SMA - Pertamakali Punya Pacar.

 Setelah satu semester penuh jenuh dengan kemonotonan akhirnya aku menemukan sesuatu dan seseorang yang menjadi penyemangat untuk berangkat ke sekolah. Semenjak itu bangun pagi dan pulang maghrib tidak terasa melelahkan. Kalo dipikir-pikir hebat juga waktu itu bisa bangun sebelum subuh tanpa alarm dan sampe rumah menjelang isya tanpa ngeluh, kecapekan, dan apalagi bosan.
Padahal ketika awal-awal masuk SMA susah banget bangun pagi tanpa alarm, kalo udah bangun juga nggak langsung siap-siap buat ke sekolah. Tapi malah mager-mageran dulu, nonton tv dulu, kalau udah mepet jam 6 baru buru-buru berangkat ngejar angkot makanya sering banget telat ke sekolah. Padahal waktu buat mager-mageran dan nonton tv cukup buat prepare jadi berangkatnya nggak buru-buru dan nggak bakalan ada cerita telat ke sekolah gara-gara gaada angkot.

Kalau menurutku hanya ada dua alasan kenapa seorang pria bisa tiba-tiba berubah, pertama karena ambisi dengan impiannya dan yang kedua karena cinta yang bersemayam didalam hatinya. Kalau aku berubah karena alasan yang kedua.
Semua berubah ketika akhir semester 1. Semester 1 ku nilainya ancur, bisa dibilang raport terburuk sepanjang sejarah hidupku dan akupun semakin terpuruk. Tapi diantara keterpurukan yang menenggelamkan datanglah sosok yang mampu membuatku bangkit dari keterpurukan dan perlahan mulai menata diri.
Entah kenapa waktu itu dia mau peduli kepadaku, padahal kalau dipikir tidak akan ada untungnya bagi dia yang seorang bintang kelas. Rankingnya tidak akan naik karena membantuku, tapi yang ada justru nilainya jatuh gara-gara mendekatiku. Akupun bertanya-tanya yang akhirnya menimbulkan interaksi yang cukup intensif.

Ada pepatah jawa yang mengatakan “tresno jalaran soko kulino”, itu benar adanya dan aku sudah merasakannya sendiri. Yang awalnya biasa saja dengan nama Dinda lama-lama ada sesuatu yang berbeda dengan nama itu. Dan akupun merasa dia lah sang “kopi pagi” yang kucari selama ini.
Jika dilihat secara fisik dari jaman awal masuk sampai akhir semester 1 tidak terlalu menarik. Dia tiba-tiba berubah menjadi begitu menawan begitu masuk semester 2, memang benar ketika sedang jatuh cinta dengan seseorang dia akan terlihat sempurna. Sempurna dengan taring gingsulnya, pipi chubby dengan lesung pipinya, dan kalau sedang senyum aduhai manisnya. Lebay? Namanya juga sedang jatuh cinta.

Pada waktu itu aku masih asing dengan namanya cinta, selama SMP nggak pernah pacaran padahal meski badanku kecil tapi banyak temen sekelas yang tertarik. Memang kalau dibandingkan dengan aku waktu SMA, ketika SMP jauh lebih ganteng, putih bersih tanpa jerawat, bintang kelas pula. Baru masuk SMA aja tiba tiba jadi suram. Meski dulu banyak yang suka bahkan pernah ditembak duluan, aku merasa nggak ada yang menarik sama yang namanya wanita, semuanya biasa aja. Banyak temen yang pacar pacaran tapi tetep aja tidak menarik untuk ikutan. Harap maklum kalau terlambat puber, soalnya jika dilihat dari umur, umurku masih sama seperti anak kelas 6 SD padahal udah kelas 3 SMP.

Setelah mengenal cinta-cintaan dan semenjak kehadiran dia, aku menjadi sangat rajin, mungkin sampe kelewat rajin. Tiap ulangan selalu dapat nilai sempurna atau mendekati sempurna kecuali dalam matematika dan fisika. Mulai dipandang oleh guru dan disegani oleh teman-teman, karena cinta kualitas hidupku meningkat drastis.

Sampailah pada ujian tengah semester, memanfaatkan momentum aku bilang ke ibuku kalau nilai UTS ku ada yang 100 aku akan diijinkan buat bawa motor ke sekolah. Jadi tambah semangat ke sekolah dan tambah semangat buat belajar. Tiap malem belajar, ngerjain PR, dan tentu saja sambal smsan sama Dinda. Saling nyemangatin kalo lagi bosen, saling ngingetin tugas, bantu bikin PR sampe saling tuker buku catatan juga.

Saat nilai UTS keluar, aku dapet 100 untuk biologi dan Komputer. Akhirnya dapet ijin buat bawa motor ke sekolah meski belum punya SIM. Eit, belum punya sim tapi jangan dikira nggak jago naik motor, aku jauh lebih jago bawa motor daripada kakak sepupuku yang udah lolos ujian SIM. Nggak Cuma itu, aku juga bisa bawa berbagai jenis motor, mulai dari motor matik, bebek, motor yang pake kopling, vespa, juga motor roda tiga. Ngerti juga permasalahan-permasalahan tentang motor yang biasa aku pake, mulai dari cara setel rantai, merawat rantai, bersihin busi, sting karburator, atur tekanan angin, benerin lampu yang mati, sampai ganti oli. Jadi meski secara legal belum diijinkan bawa motor di jalan, tapi bisa dibilang aku sudah siap untuk bawa motor sendiri di jalan.
Apakah kamu berfikir aku minta ijin bawa motor biar bisa buat jalan bareng dinda?, jika iya dugaanmu salah. Aku minta ijin buat bawa motor karena lama-lama angkot yang ada tidak lagi bisa diandalkan. Datang sering diluar kebiasaan, akiibatnya pernah nggak dapet angkot buat pulang kerumah.

Jika kamu berfikir aku terlalu lebay gara-gara nggak dapet angkot dan berasumsi nggak dapet angkot kan bisa minta jemput. Kalian belum mengerti kalau jarak antara rumah ke sekolah kurang lebih 20 km. kalau mita jemput bisa sampe 1 jam kemudian baru sampe, bisa-bisa jam 9 malem baru sampe rumah. Belum lagi dengan PR yang dibawa pulang, keburu beranak pinak dengan PR yang lain.

Kembali ke Dinda.


Meski udah deket banget tapi aku belum juga berani bilang kalau aku suka sama dia. Belum pernah nembak cewek jadi masih takut-takut dan ragu-ragu. Ntar kalo ditolak gimana, kalau udah diterima gimana. Tapi bukan cowok namanya kalau tidak bisa melawan rasa takut yang ada didalam dirinya. Akhirnya kuberanikan diri buat bilang ke dia.
Setelah beberapakali gagal bilang gara-gara tiba-tiba gagap setiap kali mau bilang “I love U”, akhirnnya aku pake cara lain. Bilang pake video stop motion yang isinya lyric sama lagunya Endah and Resa When you love some one dengan sedikit ilustrasi tentang aku dan Dinda.
Waktu itu tanggal 12 Februari aku bekerjasama dengan temennya buat membuat sekenario sedemikian rupa sehingga aku bisa nunjukin video yang udah aku buat. Pulang sekolah, dengan modus mau minta ajarin bikin tugas di kantin. Semua berjalan lancer pada awalnya. Dateng bertiga sama temennya Dinda, makan dulu, baru bahas tugas, kemudian setelah aku memberikan kode ke temennya dinda dia bakal ninggalin aku sama Dinda.  Sialnya meski udah pake video, masih aja gagap buat ngomong kasih pembukaan. Tanganku gemeteran pas megang hape, tanpa sepatah kata apapun aku langsung putar videonya dan tunjukin ke dia. Rasanya deg-degan banget ketika videonya sudah selesai, dia hanya diam selama beberapa saat, kemudian temennya dateng dan dia pergi begitusaja bahkan tanpa pamit. Digantungin banget. Tapi sebelum dia enyah dari jarak pandangku, tiba-tiba dia telfon dan bilang. “aku terima cintamu, aku mau kok jadi pacar kamu”.

Aku gatau harus bilang apa, tapi kata itu terasa ajaib bagiku, membuat waktu berjalan lambat. Aku tiba-tiba seperti berada di dalam game prince of Persia the two thrones kemudian  menggunakan sand of time untuk memperlambat gerak waktu. Cinta telah membuatku berhalusinasi seperti pecandu yang sedang terbang tinggi-tinggi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »