Betapa Pusingnya Kuliah

                Ketika masa SMA dulu liat anak kuliahan rasanya jadi pengen cepet-cepet kuliah, Iiat mereka begitu santai tidak terlalu terikat dengan jadwal yang monoton, bisa jalan-jalan ke sana kemari sesukahati, kayaknya enak banget kuliah. Namun ternyata ketika sudah memasuki dunia perkuliahan kenyataan itu berbanding terbalik. Yang dulu nampak santai nggak ada beban namun ternyata sebenarnya banyak sekali hal yang harus dipikirkan dan dikerjakan oleh seorang mahasiswa. mulai dari mengerjakan tugas kuliah, praktikum sampai organisasi.

Saat awal-awal kuliah memang bikin kaget, kenapa kok seperti ini? Tugas datang silih berganti, selesai satu datang seribu. Sangat berbanding terbalik dengan kehidupan anak kuliahan di TV ataupun Film. Mereka keliatan benar-benar santai nggak mikirin tugas ataupun praktikum. Bisa jalan-jalan, maen kapan aja. Makannya kuliah itu keliatannya enak banget. Tapi sebenarnya ketika kuliah mahasiswa punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan diri dan mengembangkan pemahaman bidang yang dipelajari lebih banyak daripada waktu kuliah dikelas yang sangat membosankan. penyampaian materi di kelas oleh sang dosen hanya memberikan gambaran materi yang dipelajari secara umum, dan ujung-ujungnya mahasiswa harus mencari dan belajar sendiri.

Kalo dipikir-pikir nih kuliah dikelas itu seringkali kurang penting, udah di bela-belain datang kuliah melawan rasa malas dan kantuk yang menyerang ternyata dosennya nggak dateng itu rasanya anjir banget. Sekalinya dosen dateng cuma masih tugas abis itu langsung pergi dengan alasan ada urusan yang harus di selesaikan. Banyak mahasiswa anjir yang bertanya-tanya ngapain bapak/ibu itu ngajar padahal materi yang disampein sama dia bisa dipelajari di buku. Cuma bikin capek aja buang-buang tenaga harus ngikutin kuliahnya dia, mendingan tidur di kos terus abis itu bangun belajar sendiri.

Meskipun kuliah itu seringkalli hanya mendengarkan dongeng dari dosen tapi, kuliah di kelas itu tetep perlu meski seolah-olah nggak penting. Ketika kuliah dikelas bisa jadi sarana mempertanyakan dan menguji seberapa pintar dan keren si dosen ketika menjawab pertanyaan yang diajukan. Kalo pertanyaan pertanyaan yang diajukan itu berbobot, biasanya bisa jadi sarana pendekatan ke dosen. Kalo dosennya udah kenal biasanya sih nggak pelit nilai.
Balik lagi nih, ngapain sih kuliah kalo cuman dateng, ngisi daftar hadir, dengerin dongeng, abis itu cabut ke kosan terus tidur. Kalo nggak dapet feel nya di kuliah , siklus anak kuliahan yang seperti itu sangat menjamur. Kalo ada yang bialng, kuliah biar dapet kerja, itu salah. nggak kuliah bisa kok kerja, nggak kuliah bisa kok kaya, nggak kuliah bisa kok masuk surga. tanyain lagi deh apa sih niat buat kuliah?. percuma kalo nggak ada niat yang oke buat kuliah, buang-buang waktu sama duit aja.

nih buktinya nggak kuliah juga bisa sukses, bisa memperkerjakan para sarjana, yang cumlaude-cumlaude lagi.


                

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »