Mitos Kuliah di PTS


Kebanyakan orang Indonesia menganggap bahwa mahasiswa yang kuliah di PTN itu lebih pintar daripada mahasiswa yang kuliah di PTS. Karena kebanyakan beranggapan bahwa PTS mahasiswanya hasil saringan dari PTN. Tapi bukan berarti masuk PTS itu berarti termasuk mahasiswa yang kurang pintar, kurang beruntung dan sebagainya.
Dalam postingan ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana rasanya kuliah di PTS dan PTN. Sebelum saya pindah ke kampus saya yang baru, sebelumnya saya kuliah di sebuah PTS di daerah Yogyakarta, namun setelah satu tahun berlalu saya mencoba ikut tes masuk PTN dan akhirnya lolos kemudian saya pindah ke kampus saya yang baru yang berada di daerah Semarang.
 Di kampus yang lama dan yang baru saya masih berada pada jurusan yang sama. Dari perjalanan perpindahan dari jogja ke Semarang ini saya mendapat banyak pengalaman yang sayang untuk saya pendam sendiri. Berdasarkan pengalaman ini saya ingin menguak mitos-mitos tentang mahasiswa PTN maupun PTS.

Masuk PTS itu gampang

Mitos ini menurut saya nggak sepenuhnya berlaku sih, kenapa? Karena tergantung jurusan yang mau di ambil. Kalo memang jurusan yang mau diambil itu termasuk jurusan yang favorit di kampus tersebut, masuknya bisa jadi agak susah. Kecuali kalo masuknya di gelombang-gelombang awal. Peluang masuknya lebih besar karena kuotanya masih banyak. Intinya nggak semua PTS itu menerima saringan dari yang gagal masuk PTN. Kalau PTS nya memang berkualitas pasti bakalan ada seleksi lagi dari PTS yang bisa saja setara dengan seleksi ketika masuk PTN. 
.
Kuliah di PTS itu santai banget
Mitos ini memang kadang Bener, kadang juga salah. Sebelum saya pindah ke PTN saya sempat berkuliah di salah satu kampus swasta di yogyakarta mengambil jurusan teknik yang terkenal super sibuk, dan memang super sibuk. Dengan fakta yang seperti ini berarti mitos yang pertama bisa terpecahkan. Memang kalo ambil jurusan teknik, entah itu mau PTS ataupun PTN tetep aja sibuk. Tapi memang jika dibandingkan dengan jurusan yang sama antara PTS dan PTN, kuliah di PTS memang sedikit lebih santai, lebih punya waktu senggang. Setidaknya setiap weekend bisa jalaj-jalan keluar kota. 
Fakta diatas itulah fakta yang terjadi di jurusan teknik, bagaimana dengan jurusan yang lain?, berdasarkan pengalaman yang dialami oleh teman-teman saya yang kuliah di PTS dengan jurusan non teknik dan non kedokteran, mereka mengatakan bahwa kuliah di PTS itu emang lebih santai daripada di PTN. Soalnya kalo di PTS umumnya memiliki jadwal kuliah yang berbeda dengan jadwal kuliah di PTN. Kalo di PTN jadwal kuliahnya itu umumnya lebih pendek daripada PTS jadi seolah dikejar waktu sama penerimaan mahasiswa baru entah itu SNMPTN ataupun SBMPTN.

Namun yang jadi kekurangannya, kalau kuliah di PTS itu kadang jadwal kuliahnya menggunakan hari sabtu. sedangkan untuk PTN hari sabtu untuk kuliahnya libur. Tapi meski libur waktunya keoake buat kegiatan-kegiatan kampus yang cukup padat, entah itu ada seminar atau yang lainnya.

Di PTS gampang dapet IP tinggi
Mitos ini memang benar, kuliah di PTS itu gampang dapet IP tinggi. Entah kenapa saya juga kurang tau. Tapi kalo berdasarkan pengalaman saya, sistem perkuliahan di PTS itu sudah dirancang sedemikian rupa dan sistemnya ini bisa dengan mudah di pahami oleh mahasiswa. jadi kalo buat mahasiswa yang sudah paham dengan sistem penilaian ataupun perkuliahannya dan dapat beradaptasi dengan baik. Pastilah bisa dengan gampang mendapatkan IP tinggi. walaupun males-malesan kuliah tapi udah paham dengan sistem di kampus, bisa kok dapet tip tinggi. beda dengan sistem yang ada di PTN, umumnya sistem penilaian dan penugasan sepenuhnya merupakan hak otoritas dosen, sistem ini tidak berlaku untuk setiap dosen, beda dosen beda sistemnya. Makannya agak susah dapet IP tinggi di PTN.
Selain itu di PTN ada semacam remidial sehabis UAS, kalau yang nilainya ada yang jeblok bisa langsung ikut remidial. ya efeknya tentu saja ipk bisa terselamatkan.

Kuliah di PTS kurang keren
Inilah yang sering dirasakan oleh mahasiswa PTS, kebanyakan mereka tidak merasa bangga dengan kampusnya. Gara-gara anggapan ini seringkali kalo berada di luar terus ditanya kuliah dimana? Itu mau jawab udah minder sendiri. Mitos ini nggak sepenuhnya benar kok. Salah satu indikator kekerenan kampus itu bisa dilihat dari prestasi mahasiswanya. Dikampus saya yang lama, mahasiswa teknik mesinnya itu seringkali memenangkan kejuaraan internasional dan mengalahkan tim jebolan PTN yang terkenal termasuk kampus saya yang baru. Selain itu anak aeromodeling juga sering menyabet juara di kejuaraan nasional aerob modeling dan mengalahkan jebolan-jebolan PTN. Untuk mitos ini tidak selamanya berlaku. Anak PTS juga keren kok, anak PTS juga berprestasi kok. Cuman tidak semua orang tau info tersebut. 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »