Jurney to Dieng #3 Kawah Sikidang


Destinasi selanjutnya adalah kawah sikidang, letak kawah sikidang ini tidak terlalu jauh dari telaga warna, cukup sepuluh menit dengan menggunakan kendaraan (jika tidak macet). Di kawah ini akan ditarik tiket masuk lagi, karena sudah berbeda wilayah administratifnya. Tiket masuknya seharga 10 ribu rupiah sepaket dengan tiket masuk candi Arjuna.
Ketika menuju kawah ini bersiaplah dengan bau belerang yang cukup menyengat jadi sangat disarankan menggunakan masker. Nggak usah khawatir bagi yang nggak bawa masker, banyak kok penjual masker di sini, harganya juga nggak mahal, setara dengan harga di indomaret atau alfamart.
Kepulan asap putih yang berbau belerang siap menyambut kehadiran saya di sini. Di tempat isi cukup ramai dan semrawut dibandingkan dengan di telaga warna. Kesemrawutan ini disebabkan oleh aktivitas jual beli di sini, karena di sini banyak sekali penjual makanan, perak-pernik dan juga aktivitas pengamen. Meski begitu lupakan sejenak kondisi ini, karena tujuan saya ke sini untuk ke kawah sikidang.
Di sekitar kawah sikidang ini terdapat beberapa kawah kecil disekitarnya dan semburan gas kecil yang akan menhiasi perjalanan menuju kawah utama. Perhatikan langkah ketika berjalan di area ini jika tidak ingin terperosok ke dalam kubangan lumpur atau lubang semburan gas. Karena memang banyak sekali semburan gas kecil di sini. Meski tidak terlalu berbahaya namun bisa cukup membuat kaki kotor dan bau belerang.
Setelah berjalan sekitar 7 menit, sampailah di kawah utama. Di sini terlihat kepulan asap putih yang mengepul menjulang tinggi ke atmosfer dengan semburan air mendidih dibawahnya. Air mendidih yang berasal dari dalam bumi terlihat jelas di sini, diluar aja sudah sebegitu panasnya, apalagi di dalam bumi. Itulah ungkapan saya ketika mendekati kawah utama ini. Begitu unik kawah ini yang terbentuk akibat proses geologi yang cukup kompleks dan panjang hingga akhirnya membentuk semburan air panas.
kawahnya men...

Kalo udah Bosen liat-liat kawah, di sini juga bisa menikmati telur rebus yang direbus langsung dikawah. Kalo penasaran bisa coba gimana rasanya, banyak kok penjual telur rebus di sini.
ini bukan lagi mancing tapi lagi rebus telur

 Kalo masih semangat mengeksplore tempat ini dan ingin melihat  yang berbeda, bisa juga menikmati pemandangan dari atas bukit di sebelah kawah. Dari sini bisa dilihat dengan jelas seluruh kompleks wisata kawah sikidang. Banyak juga yang menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk befoto, karena memang sudut pandangnya keren.
foto dari kaki bukit
Udah puas foto namun masih semangat jalan-jalan, bisa juga sewa motorcross, rasakan sensasinya mengendarai motor di sekitaran kawah dengan trek yang berbatu. Ingat harus tetep hati-hati biar nggak kecebur ke kawah hehe.
Kalo udah capek, udah puas eksplore tempat ini, di sini terdapat gazebo yang isak dijadikan tempat istirahat, mau makan siang, ngemil, atau sekedar bersantai bisa kok. Namun sayangnya banyak sekali tangan jail yang merusak keindahan tempat ini. Niatnya sih pengen corat-coret sebaga prasasti kalo sudah sampai tempat ini. Namun caranya salah, corat-coret-coret malahan merusak tempat umum. Kesannya justru norak bukan keren.


Udah puas jalan, perut mulai lapar. Tenang saja di sini banyak penjual makanan yang bisa mengusri rasa lapar yang menyerang. Dari sekian penjual makanan saya tertarik dengan kue yang terbuat dari kelapa dan bahan tambahan lainnya entah itu apa, yang jelas rasanya enak. Pas banget ditemani segelas minuman hangat atau carica sambil menikmati pemandangan kawah.
enak nih, cobain aja

Perut kenyang, siap buat eksplore lagi. Dan berlanjut ke #4

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »