Kenangan SMA – Tahun Pertama (Pendek Bikin Salah Fokus)


 Baru tau rasanya kangen pas SMA ketika udah kuliah, semester-semester awal masih waktu susah move on dari SMA, tahun pertengahan sudah mulai terbiasa dengan suasana kampus dan sudah mulai bisa moveon dengan kenangan SMA, semester tua udah bodo amat sama kenangan SMA yang penting wisuda. Ha.ha

Ceritanya lagi gabut terus beres beres kamar, ga sengaja nemu barang-barang yang mengingatkan kenangan diwaktu SMA. Sebenernya kalo menurutku masa SMA itu nggak terlalu berkesan, tapi berhubung udah lama ga ke SMA dan udah lama nggak ketemu spesies yang juga berasal dari SMA yang sama jadinya kangen aja.


Tahun pertama di SMA

Namanya juga baru masuk, masih polos-polosnya nggak tau banyak hal tentang SMA, Cuma tau dateng ke sekolah pagi-pagi abis itu pulang gitu aja. Minggu-minggu pertama masuk SMA rasanya langsung bosen dengan aktifitas yang monoton gitu-gitu aja, biar nggak bosen iseng-iseng aja ikut Ekskul, dan ternyata tetep aja bosen.

Untuk menghilangkan kebosanan dengan keseharian yang gitu-gitu aja, aku mengeksplor apapun yang bisa menambah semangat ketika berangkat ke sekolah. Sampe kepikiran, cari pacar aja kayaknya seru. Dan ternyata banyak juga yang berfikiran sama buat nyari pacar, katanya sih buat nambah semangat dateng ke sekolah. Namanya juga anak SMA, baru aja gede, baru merasakan namanya cinta-cintaan, makannya pacaran aja kerjaannya.

Dilema dibalik 145 cm.

Jujur waktu kelas 1 aku paling minder kalo deketin lawan jenis, bukan karena jelek, tapi lebih karena tinggi badanku yang dibawah kata ideal. Waktu itu tinggi badanku hanya 145 cm, sama tongkat pramuka aja tinggian tongkatnya, apalagi sama cewek-cewek seangkatanku. Tingginya berkisar antara 150 an- 170 an. Dengan tinggi badan segitu aku bisa dibilang manusia terpendek di sekolah,lebih pendek daripada cewek terpendek di angkatanku. Dengan tinggi badan yang segitu aku merasa agak nggak enak ketika berdiri dan ngobrol dengan cewek yang tingginya 160 keatas.
Pas kelas 1 aku ikut ekstrakulikuler pramuka, pas perekrutan anggota baru ada sesi evaluasi. Di sesi itu kami disuruh baris terus dibentak-bentakan oleh kakak kelas, karena aku paling pendek jadi aku paling depan, paling banyak nerima hujan local. Waktu itu ada kakak kelas cewek yang lagi marah marah tepat di depanku, jaraknya sangat dekat sampe bisa merasakan hembusan nafasnya dan dapet cipratan ludahnya. Pas dimarahin aku sengaja nunduk, soalnya posisinya nggak enak. Kalo tetap tegap menjaga pandangan kedepan, pemandangannya agak nggak enak. Soalnya mukaku setinggi dadanya. Kalo mau liat kea rah mukanya agak nggak enak juga harus mengangkat kepala, ntar dikira nantangin lagi.

Gara-gara tetep nunduk alhasil aku kena marah lagi, mau nggak mau paksain pandangan lurus kedepan dan harus menjaga godaan iman. Posisi udah bener tuh, eh ada kakak kelas cowok yang liatin terus dia dateng ke arahku sambil bilang.
“Woi, kalo di ajak ngomong liat matanya, bukan Tet*knya, dasar otak mesum!”

Kakak kelas cewek yang tadi marah-marah didepanku langsung diem dan meringis-meringis.
Suruh liat matanya, yaudah aku turutin kuangkat kepalaku biar keliatan matanya dia, gara-gara-gara dia tinggii, (tingginya sekitar 165 cm) kesannya aku seperti nantangin. Dan si kakak kelas cowok tadi bilang lagi.

“liatinnya biasa aja, dagunya nggak usah diangkat, kamu nantangin?”

ini fotonya pas di evaluasi, suruh tutup mata gara-gara salah fokus. panah merah itu saya, pelakunya tepat didepannya, yang angkat jari, sama yang dibelakangnya. maaf kalo disensor, mukanya nggak layak dimuat he.he

Terus rame deh, yang lain pada dateng dan aku dipisahkan dari barisan. Dikerumuni kakak kakak yang lagi kesetanan. Udah dikatain abis abisan, mulai dari otak mesum, nantangin, sampe dikatain preman. Tapi aku tetep diem aja sampe akhirnya mereka lelah berbicara, ada yang suaranya abis, ada yang emosi dan ada juga yang udah lelah dengan diamku. Ketika mereka udah puas bentak-bentak akhirnya mereka memberikanku kesempatan untuk berbicara, kujelaskan kenapa sikapku seperti itu.

Kakaknya : “kalo emang preman, ayo ngomong”
Aku : “kenapa daritadi saya nunduk aja pas di evaluasi, karena mbak itu marah-marahnya tepat didepan saya, mau jaga biar pandangan tetap kedepan takut dikira liatin yang lain, dan ternyata benar, mas X tadi ngatain saya otak mesum. Terus kalo pas di ajak bicara liat matanya dikira nantangin. Bukan maksud angkat dagu buat nantangin, Mas nya tinggi dan saya kurcaci.”

Mereka semua tertawa geli.

Ceritanya masih akan berlanjut, tunggu aja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »